Sebuah Kesabaran

25 Jul 2010

Sabar adalah kata yang sangat kuat. Dengan kesabaran maka akan timbul kebajikan yang menjadi kunci kesuksesan, kenikmatan dan kebahagiaan dalam hidup.

Sabar adalah kata yang sangat kuat. Dengan kesabaran maka akan timbul kebajikan yang menjadi kunci kesuksesan, kenikmatan dan kebahagiaan dalam hidup. Namun kita harus mengetahui dan memahami terlebih dulu definisi dari SABAR sebelum kita dapat menerapkan kesabaran dalam hidup kita.

Ada 7 definisi sabar yang dapat kita pahami, yaitu:

1. Sabar adalah menunda respon.

Ketika kita mendengar sesuatu yang memicu kemarahan, kita tidak langsung tersulut dengan hal itu. Kita coba untuk berhenti sejenak untuk memberikan waktu kepada diri kita berpikir dan melakukan langkah selanjutnya terkait dengan berita yang kita dengar atau hal yang kita alami. Ketika kemarahan sudah mulai keluar ingatlah rumus SPP Stop Pikir Pilih.

2. Sabar adalah menyatukan badan dan pikiran di satu tempat.
Artinya kita fokus dengan apa yang kita lakukan saat ini dan sekarang juga. Karena seringnya yang kita alami adalah tubuh berada di satu tempat dan pikiran kita berada di tempat lain. Mulai sekarang cobalah untuk Be Here Now.

3. Sabar adalah kata kerja aktif.
Ketika kita mengalami kegagalan bersabar memainkan peranannya. Teruslah berusaha sampai berhasil. Agar tetap bisa bersabar, ketika kegagalan melanda maka lakukan suatu usaha dengan cara lain yang berbeda.

4. Sabar adalah menyesuaikan kecepatan dan tempo berpikir kita dengan tempo orang lain.
Ketika kita bicara dengan anak atau orang yang temponya lebih rendah dari kita misalnya, maka kita harus menyesuaikan dengan mereka. Tempo dan kecepatan kita pun harus diturunkan agar selevel dengan mereka.

5. Sabar adalah menikmati prosesnya tanpa terganggu dengan hasil akhir.
Atasan sering meminta hasil dengan cepat, kita diburu buru untuk segera menyelesaikan tugas. Keadaan ini membuat kita menjadi tertekan. Ketertekanan itu bisa diminimalisir dan dihilangkan kala kita menjalani dan menikmati prosesnya. Bahkan hasilnya bisa lebih memuaskan.

6. Sabar adalah hidup selaras dengan hukum alam.
Orang sabar itu kriterianya ketika kita merasa tenang dan damai tapi dinamis. Dimana kita bisa berjalan sesuai dengan ritme alam semesta. Ketika kita mengerjakan sesuatu dengan masih grasa grusu, maka kita harus hening sejenak dengan meditasi. Caranya adalah dengan fokus pada nafas kita. Dan saat kita bisa fokus pada nafas kita tanpa ada gangguan lain dalam pikiran kita, maka kita sudah masuk dalam tarian alam semesta.

7. Sabar adalah melakukan satu hal di satu waktu.
Sering kan ketika kita makan siang dengan teman, kita mendominasinya dengan obrolan dan mengabaikan rasa dari makanan kita. Padahal ketika kita merasakan makanan itu, maka kenikmatannya akan memberikan sensasi sabar yang luar biasa.

Silakan mencoba !


TAGS


-

Author

Follow Me