Jangan Takut, Jangan Pernah Menyesal

25 Jul 2010

Dalam hidup kita sering dihadapkan pada kondisi yang membuat kita takut untuk maju dan menyesali keadaan hidup kita. Semua ini menghambat kemajuan pada diri kita. Apa yang kita lakukan semua menjadi setengah setengah. Ilustrasi di bawah ini akan mencerahkan kita untuk meraih kehidupan yang lebih baik lagi dimasa mendatang.

Di sebuah dusun terpencil tinggallah seorang pemuda yang ingin pergi mengembara ke negeri orang untuk merubah nasib. Saat menjelang keberangkatan, muncul dihatinya perasaan takut, cemas dan ragu. Untuk memantapkan tekadnya, maka ia menghadap sesepuh marga untuk meminta petunjuk, meminta restu dan berpamitan.

Sesepuh itu gembira mendengar niat pemuda itu dan memberi petuah bahwa rahasia kehidupan n ini hanya terdiri dari dua kata. Dan untuk sekarang sesepuh itu hanya akan memberikan dua kata pertama dulu yaitu Jangan Takut.

30 tahun telah berlalu. Banyak suka dan duka dijalaninya. Berbekal kata Jangan Takut, dia berjuang penuh totalitas. Dan akhirnya, dia berhasil mengubah nasib. Namun dalam keberhasilannya, dia merasa ada yang kurang sempurna dan disesalinya. Maka ia pun kembalike desa untuk meminta sisa rahasia hidup yang dijanjikan sesepuh kepadanya.

Sayang sekali sesepuh itu sudah meninggal, tapi dia meninggalkan sepucuk surat wasiat kepada pemuda itu, karena dia tahu duatu hari nanti pemuda itu akan kembali untuk menagih tiga kata bijak lainnya. Dalam surat itu ada tiga kata lagi yaitu Jangan Pernah Menyesal. Selesai membaca itu spontan rasa menyesal yang membebaninya lepas begitu saja.

Perasaanya menjadi ringan, plong dan gembira. Sungguh berbobot kata Jangan Takut dan Jangan Pernah Menyesal itu.

Kita juga membutuhkan lima kata bijak tadi. Jika ingin menciptakan kehidupan yang lebih baik, mau mengubah harapan menjadi kenyataan, maka kita membutuhkan kata bijak Jangan Takut. Kata bijak ini mengandung motivasi yang melahirkan kemampuan untuk bertindak. Jangan takut mempunyai cita cita tinggi, jangan takut mencoba memulai, jangan takut menerima tantangan, jangan takut memeras keringat dan menanggung tanggung jawab yang lebih besar.

Namun adakalanya hasil perjuangan tidak sesuai keinginan, dimana perjuangan bisa gagal. Ini bisa membuat kita diliputi rasa menyesal. Maka pada saat seperti ini, tiga kata bijak lain Jangan Pernah Menyesal bisa menjadi kunci kebangkitan kita. Buang jauh pikiran negatif. Penyesalan tidak akan mengubah apapun, malah hanya menghambat langkah kita ke depan.

Mampu menerima hasil perjuangan apa adanya adalah Bijaksana, tapi mau tetap bangkit dengan apa adanya kita hari ini adalah Luar Biasa. Selama kita tetap berjuang memberikan yang terbaik dari yang kita miliki, apapun hasilnya Sukses atau Gagal, yang pasti semangat berjuang itu memiliki nilai kesuksesan tersendiri.


TAGS


-

Author

Follow Me