Milioner Muda di Bidang Teknologi

4 Apr 2010

Rata-rata perusahaan teknologi dibuat oleh orang muda dan mereka sukses jadi milioner. Siapa saja mereka? Inilah Milioner Muda di Bidang Teknologi :

Mark Zuckerberg, 25 tahun. Kekayaan bersih: US$4 miliar

Zuckerberg mendapatkan kembali statusnya sebagai miliarder termuda di dunia setelah keluar dari daftar itu tahun lalu saat krisis ekonomi. Situs jejaring sosialnya Facebook memiliki “arus kas positif” pada 2009. Transaksi terakhir saham di SecondMarket memberikan nilai situs itu di atas US$15 miliar.

Zuckerberg memulai Facebook awal 2004 saat menjadi mahasiswa di Harvard. Ia drop out setelah menerima dana dari salah satu pendiri PayPal Peter Thiel. Jumlah pengguna Facebook meningkat 130% selama 12 bulan terakhir dan genap menjadi 400 juta.

Yoshikazu Tanaka, 33 tahun. Kekayaan bersih: US$1,4 miliar

Miliarder termuda kedua di dunia ini sukses dari usaha sendiri. Ia mengumpulkan kekayaan dari sebuah situs jejaring sosial yang ia dirikan disebut Gree. Dia keluar dari Sony dan kemudian bekerja untuk sesama miliarder Jepang Hiroshi Mikitani di situs belanja online Rakuten.

Pada 2004 ia mendirikan Gree. Situs dialihkan menjadi fokus pada game mobile. Situs ini berhasil menarik sekitar 1 juta pelanggan baru setiap bulan yang membayar pakaian virtual dan aksesori untuk avatar online yang berpartisipasi dalam permainan dari ponsel mereka.

Sergey Brin, 36 tahun. Kekayaan bersih: US$17,5 miliar

Pendiri Google ini berada di peringkat ke 24 terkaya dunia. Kekayaannya tumbuh US$5,5 miliar saat sahamnya meningkat 70% tahun lalu. Pendapatan Google mencapai US$23,7 miliar. Setelah berimigrasi dari Rusia, ia bertemu mitra Larry Page yang dua-duanya drop out Ph.D dari Stanford di ilmu program komputer di 1998.

Larry Page, 37 tahun. Kekayaan bersih: US$17,5 miliar

Naiknya gelombang saham Google mendorong kekayaan pendiri lain dari Google ini naik US$5,5 miliar dan menjadikan terkaya ke 24. Google terus mendominasi pencarian, meskipun Microsoft mengeluarkan mesin pencari Bing yang diluncurkan pada 2009.

Perusahaan itu telah pindah ke ponsel dan perangkat lunak mobile dengan meluncurkan ponsel cerdas Nexus One pada Januari bersistem operasi Android.

Google Apps, termasuk Google Docs dan Google Calendar, memiliki nilai bisnis US$750 juta. Page bertemu Brin di Stanford kemudian mendirikan Google.

Robin Li, 41 tahun. Kekayaan bersih: US$3,5 miliar

Pengusaha internet China ini kembali masuk dalam peringkat miliarder bahkan hampir dua kali lebih kaya dibandingkan 2008. Li pemimpin pencarian online China Baidu mencatat kenaikan laba 48% pada kuartal keempat. Saham Baidu naik 281% 12 bulan terakhir juga terdorong persaingan ketat dengan Google.

Jerry Yang, 41 tahun. Kekayaan bersih: US$1,3 miliar

Pendiri Yahoo ini telah melalui beberapa tahun naik turun. Tapi kenaikan 26% saham Yahoo membantu meningkatkan kekayaannya tahun lalu. Chief executive Yahoo itu menolak tawaran US$44,6 miliar pengambilalihan dari Microsoft, dan mendorong pemegang saham Carl Icahn mencoba mengusir Yang.

Dia akhirnya mengundurkan diri November 2008 digantikan Carol Bartz. Yahoo kemudian membentuk kemitraan pencarian dengan Microsoft Juli 2009. Yahoo menjalankan penjualan iklan untuk mesin pencari Microsoft Bing.

Pierre Omidyar, 42 tahun. Kekayaan bersih: US$5,2 miliar

Kekayaan Omidyar bisa mencapai US$ 1,6 miliar berkat lonjakan harga saham eBay, naik 115% tahun lalu. Penjualan eBay 2009 mencapai US$8,7 miliar dengan 84 juta pengguna. eBay menyelesaikan pembelian 70% dari perusahaan telepon internet Skype November 2009. Programmer komputer kelahiran Prancis itu meluncurkan lelang pakaian online eBay di 1995.

Jack Ma, 45 tahun. Kekayaan bersih: US$1,2 miliar

Ma kembali masuk ke daftar miliarder tahun ini. Pada 1995 ia memulai China Pages, perusahaan internet. Tiga tahun kemudian, Ma mendirikan Alibaba dengan modal US$60.000 yang menawarkan cara perusahaan di luar China menemukan produsen dan pemasok di negara itu.

Dia menjadikan bisnis portal Alibaba.com menjadi go public 2007. Yahoo adalah investornya. Group Alibaba yang kini memiliki 17.000 karyawan, juga mengoperasikan Taobao.com, portal e-commerce mirip dengan eBay dan AliPay, sistem pembayaran online.

James Balsillie, 49 tahun. Kekayaan bersih: US$ 2,3 miliar

Balsillie adalah salah seorang pendiri Research in Motion pembuat BlackBerry, bersama dengan sesama milioner Mike Lazaridis. Pembuat ponsel pintar berorientasi bisnis itu sedang terkunci dalam pertempuran sengit dengan Apple yang mengusung iPhone dan sejumlah ponsel pintar baru lainnya.

Bersama dengan Lazaridis dan Chief Operating Officer Dennis Kavelman, Balsillie pernah diperintahkan untuk membayar US$62 juta untuk menyelesaikan kasus saham tahun 2009. Dia juga terpaksa mundur dari dewan direksi RIM. [mdr]


TAGS


-

Author

Follow Me