HSDPA-HSUPA: Speed Modem Mobile Broadband Berpengaruh?

2 Nov 2009

Pebedaan antara UMTS dengan HSDPA adalah pada kecepatan yang bisa dicapai. Kalau 3G artinya mendukung kecepatan UMTS (Universal Mobile Telecommunications System ) yang hanya bisa maksimum 384kbps.

Sedangkan HSDPA secara teori bisa mencapai 3.6 Mbps (hampir 10 kali lipat kecepatan maksimal UMTS), HSDPA sering disebut 3,5G (teknologi tiga setengah G) untuk membedakan dari standard 3G sebelumnya.

Pengertian HSDPA memungkinkan adanya layanan video streaming, Internet akses yang cepat, dan konferensi video. HSDPA merupakan pengembangan dari jaringan W-CDMA yang sudah ada. Sebagai informasi, W-CDMA adalah nama teknologi GSM yang memungkinkan adanya teknologi 3G. Tujuan HSDPA, tak lain, adalah untuk meningkatkan kecepatan maksimal transfer data, kualitas pelayanan, dan efisiensi.

Pengertian WCDMA adalah teknologi yang digunakan di GSM (halo, simpati, mentari, xplor dll) sedangkan teknologi untuk mendukung kecepatan tinggi pada jaringan CDMA (Fren,Esia,Flexi,Starone) namanya EV-DO

Bedanya HSDPA dengan HSUPA?

HSDPA adalah singkatan dari High Speed Downlink Paket Access, yaitu kemampuan modem dalam mendownload file-file yang ada di internet ke komputer user/laptop.

Kalau HSUPA itu adalah singkatan dari High Speed Upload Paket Access, yaitu kemampuan mengupload data dari komputer/laptop user ke internet. Contoh : kecepatan UPLOAD foto ke facebook, blog dan sebagainya.

Speed Modem Mobile Broadband Berpengaruh?

USB Huawei E156G 3.6 Mbps HSDPA USB. Download Speed = 3.6 Mbps , Upload speed = 384 Kbps. USB 2.0 480 Mbps interface. Produk Huawei ini HSDPA-nya maksimal bisa sampai 3.6 MBps dan HSUPA-nya maksimal bisa 384 Kbps.

Sierra Wireless Compass 885 HSUPA USB. Wireless download speed up to 7.2 Mbps and upload to 2 Mbps (upgradeable to 5.76 Mbps). Produk Sierra ini HSDPA-nya maksimal bisa 7.2 MBPS dan HSUPA-nya bisa 2 Mbps.

Di Indonesia sendiri batas maksimal yang diberikan oleh operator untuk produk, seperti IM2, TelkomselFlash, XL, HSDPA kebanyakan dibatasi sampai maksimal 256 Kbps dan kecepatan buat Upload di batasi maksimal 64 kbps.

Jadi di Indonesia dengan modem apapun itu tidak terlalu berpengaruh terhadap kecepatan Download dan Upload karena sudah dibatasi provider (operator). Mudah-mudahan saja ke depannya kecepatan HSDPA dan HSUPA bisa lebih ditingkatkan lagi.


TAGS


-

Author

Follow Me