Sistem SMS Pemilu Presiden (SERIS) 2009

9 Jul 2009

Tabulasi elektronik pada pemilu presiden kemarin ditopang oleh teknologi open source. Dari sisi software, sisem TI pemilu tsb menggunakan software berbasis stack LAMP (Linux-Apache-MySQL-PHP).

Baik, Linux, Apache, MySQL, maupun PHP adalah teknologi open source yang dapat digunakan tanpa membayar lisensi.
Sistem SMS pemilu presiden (pilpres) 2009 memungkinkan tabulasi pemilu menjadi cepat, akurat dan aman. Sistem tersebut diberi nama SERIS.

Seperti di tulis melalui blog pribadi sang arsitek SERIS, Kamis (9/7/2009), sistem SERIS mampu mempercepat proses perhitungan suara karena menggunakan SMS yang didukung oleh jaringan operator telekomunikasi seluler terbesar di Indonesia, Telkomsel.

Berikut ini alur data dalam sistem informasi pemilu presiden.

  1. Sebanyak 450 ribu Ketua KPPS mengirimkan data rekap suara dari masing-masing TPS di seluruh Indonesia melalui nomor-nomor GSM yang telah didaftarkan sebelumnya.
  2. Hasil rekap tersebut diterima oleh SMS server, yang metode pengirimannya diamankan dengan sistem enkripsi.
  3. Data-data dari SMS Server, akan diteruskan ke database server KPU Pusat melalui piranti load balancer yang akan menyeimbangkan beban data ke beberapa server.
  4. Beberapa database server yang menggunakan satu alamat Internet Protocol, akan melakukan replikasi secara seketika ke database server cadangan (hot database server), agar bila terjadi musibah, data tetap tersedia, dan sistem dapat tetap berjalan
  5. Dari database server, data diteruskan ke application server yang berisi software SERIS. Software ini yang nantinya menangani proses voting secara otomatis
  6. Data yang terolah dari application server, akan diteruskan ke beberapa web server yang akan menampilkan hasil perolehan suara di situs web KPU. Web server dirancang dapat menangani besarnya pengunjung web site, dengan menggunakan load balancer.

Sumber : Vivanews.com / Okezone.com


TAGS


-

Author

Follow Me