Jaringan Telkom Sumatera Lumpuh !

11 May 2009

Akibatnya, jaringan Telkom seperti Flexi, Telkomsel dan Speedy di Riau tidak bisa diakses. Jaringan Telkom di Sumatera bagian selatan mengalami gangguan. Akibatnya, koneksi telepon dan internet tidak bisa diakses dengan baik.

Penyebab gangguan baru diketahui pukul 15.30 WIB. Gangguan mulai dirasakan pukul 14.00 WIB, dan hingga pukul 20.40 WIB masih berlangsung.

Dari monitoring sementara gangguan disebabkan overload karena banyak pemakai jaringan. Akibatnya jaringan internet yang menggunakan TelkomSpeedy mengalami gangguan.

Jaringan SMS dan GPRS pada GSM Telkomsel, sering tidak terkirim (pending). Dan jaringan Flexi tidak bisa terhubung. Sedangkan Speedy putus total. Pengiriman sejumlah data penting jadi tertunda.

2 Titik Fiber Optik Rusak

Sekitar pukul 20.00 WIB diketahui lumpuhnya jaringan Telkom di Sumatera bagian selatan dan kota-kota di sekitarnya dipastikan akibat rusaknya fiber optik di dua titik, yakni Pekanbaru-Rengat dan Pekanbaru-Batam.

Baik berupa layanan telepon rumah, layanan internet, flexi, komunikasi data dan Virtual Private Network (VPN) IP. Sebagian trafik dialihkan via satelit dan radio transmisi digital. Konsekwensinya trafik internet yang bisa dihandle hanya 10 persen saja.

Hal ini mengingat bagaimanapun dari sisi bandwidth, kemampuan handling traffict via satelit dan radio transmisi jauh di bawah fiber optik. Pihak Telkom menargetkan seluruh layanan tersebut bisa kembali pulih sebelum pukul 24.00 WIB.

Di Pekanbaru, Riau, koneksi internet baik menggunakan speedy maupun akses GPRS, 3G/HSDPA Telkomsel, lumpuh. Banyak pengguna layanan Telkom mengeluhkan layanan komunikasi Telkom. Baik instansi pemerintah maupun swasta.

Dikutip dari : http://nasional.vivanews.com


TAGS


-

Author

Follow Me